resfact - Bawang Putih, nama bumbu masakan yang tidak asing lagi anda dengar. Namun, pernahkah kalian sadari bahwa sesungguhnya kandungan
yang ada dalam bawang putih tersebut menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan kita. Yang membuat bawang putih ini terkenal, tidaklah lain adalah
kemampuannya yang dapat menyembuhkan kanker. Namun, banyak orang yang tidak suka dengan bau yang terdapat dalam bawang putih ini.
Berikut, fakta tentang manfaat bawang putih.


1. Anti Kanker

Para peneliti yang meneliti tentang bawang putih dikagetkan dengan kemampuan bawang putih dalam menyembuhkan kanker. Bawang putih layak disebut sebagai tanaman anti kanker.Hal ini disebabkan karena di dalam bawang putih terdapat kandungan sulfida alil yang dapat digunakan sebagai obat herbal anti kanker.

Salah satu bukti nyata yang ditemukan para peneliti adalah kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan. Dari berbagai penelitian yang dilakukan zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang putih menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara.

Namun perlu anda ingat bahwa bawang putih memiliki zat anti kanker yang efektif untuk mencegah pertumbuhan sel dari berbagai jenis kanker yang berbahaya bagi anda.


2. Digunakan Untuk Obat

Bawang putih, sudah digunakan sejak jaman mesir kuno, kandungan allicin memang salah satu zat yang digunakan sebagai obat. Allicin merupakan komponen biologis aktif yang banyak terkandung dalam bawang putih. Apa saja fungsi allicin ini ? Allicin adalah zat anti bakteri yang banyak terdapat dalam bawang putih. Allicin merupakan faktor penyebab bau khas yang di timbulkan oleh bawang

Riset yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa zat Allicin yang terkandung dalam bawang putih, dapat berkhasiat untuk :

Zat anti kanker
Mengencerkan darah
Mencegah hipertensi
Antioksidan
Dan anti anti mikroba/bakteri
Menurunkan berat badan


3. Meminimalisir Resiko Kematian

Umur memang rahasia tuhan. Namun apa salahnya jika kita mengkonsumsi bawang putih secara rutin, karena bawang putih dapat meminimalisir resiko kematian. Dengan pertimbangan berikut :

Menghindari kanker, penyakit pembunuh nomor 1 di dunia
Menghindari penyakit jantung dengan kemampuan memangkas LDL dalam darah.
Mengurangi tekanan darah tinggi
Anti oksidan + Anti Bakteri + Anti Virus

Faktor diatas, dapat menunjang agar awet muda dan panjang umur, dan terhindar dari penyakit berbahaya serta dapa berfungsi sebagai antioksidan dan anti bakteri yang merupakan kunci hidup sehat.


4. Ampuh Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ini adalah manfaat bawang putih yang telah teruji. Banyak riset yang telah dilakukan, mengeluarkan fakta bahwa bawang putih efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan efek dari bawang putih ini dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal.  Sebagian besar penelitian menggunakan bubuk bawang putih tertentu.


5. Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori
Bawang putih merupakan herbal yang sangat baik untuk dikonsumsi dan dibutuhkan oleh tubuh. Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi. Berikut adalah ringkasan nutrisi yang ada dalam bawang putih per 136 Gr :

Karbohidrat (45 gr); 15 % kebutuhan harian
Vitamin C; Memenuhi 71 % kebutuhan harian
Kalsium; Memenuhi 25 % kebutuhan harian
Serat (3 g); memenuhi 11 % kebutuhan harian.
Besi; Memenuhi 13 % kebutuhan harian

Nutrisi yang ada dalam bawang putih ini sangat baik oleh tubuh. Namun jangan khawatir, tidak ada efek negatif jika mengkonsumsi bawang putih secara berlebih


6. Antivirus/anti bakteri/ Antioksidan Yang Ampuh

Khasiat yang tak kalah populer yang terdapat oleh bawang putih adalah sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Zat yang terkandung dalam bawang putih dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh.

Next
This is the most recent post.
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top